7 Tips Untuk Kenali Sepatu Kulit Asli Anda

Awas Ketipu! Inilah 7 Cara Kenali Sepatu Kulit Asli Dengan Palsu - Membeli sepatu berbahan kulit memang memiliki kelas tersendiri. Karena barang dengan bahan dasar kulit memiliki keunggulan salah satunya barang tersebut tahan lama dan nyaman dipakai. Tidak heran bila harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan bahan-bahan lain.
 
Tapi bagaimana jika anda membeli sepatu berbahan kulit yang ternyata barang tersebut bukan kulit asli melainkan palsu

Pasti anda akan merasa kesal kan?

Nah, kali ini saya akan memberikan informasi tentang 7 cara kenali sepatu kulit asli dengan palsu. Simak tips berikut ini!


1.      Lihat Labelnya
Untuk mengetahui jenis bahan yang digunakan maupun keaslian dari suatu produk adalah dengan memeriksa labelnya. Jika diberi label seperti manmade materials’atau ‘fabric materials’ dan yang semacamnya, sudah pasti kulit tersebut sintetis atau palsu. Tapi jika tidak mengatakan apa-apa, kemungkinan besar produsen ingin menyembunyikan fakta yang sebenarnya.

2.      Raba Teksturnya
Meraba Tekstur kulit sangatlah penting untuk diketahui. Ini karena tekstur dari kulit asli dengan palsu jelas-jelas berbeda. Ingat, kulit asli terbuat dari kulit binatang, secara otomatis teksturnya
memiliki goresan, lipatan, dan kasar bila diraba. Lihatlah seperti contoh sepatu dibawah ini.







Berbeda pula, jika beberapa jenis kulit seperti chrome dan domba, tekstur nya sangat halus namun masih ada beberapa guratan alami.
Sedangkan untuk kulit palsu, permukannya halus dan licin seperti bahan produksi pabrik. Selain itu, kulit sintetis memiliki tekstur yang rata.
3.      Cium Aromanya
Jika Anda membeli sepatu kulit di toko, sebaiknya ujilah beberapa sepatu dan ciumlah aromanya.  Jika perlu, tanyakan ke penjaga toko apakah di toko tersebut memiliki potongan kulit palsu atau sintetis . Jika iya, cobalah untuk mencium aroma baunya untuk mengetahui perbedaan antara kulit asli dengan palsu.
Ingat, kulit yang asli memiliki bau alami yang sesuai dengan bahan pembuatannya. Apabila kulit asli mengalami proses penyamakkan dengan bahan alami seperti minyak kelapa akan memiliki aroma seperti minyak kelapa. Sedangkan untuk kulit palsu beraroma karet atau vynil yang termasuk ke dalam bahan kimia.
4.      Berapa Harganya
Ada yang bilang, harga menentukan kualitas produk. Tapi tidak selamanya kulit asli itu memiliki harga yang mahal. Harga memang bukan jadi patokan utama untuk menentukan kulit asli atau palsu.  Tidak sedikit kulit palsu memiliki harga yang mahal karena kemiripannya dengan kulit asli. Tidak sedikit pula kulit asli yang memang memiliki harga lebih terjangkau dibandingkan kulit palsu. Tapi jika ada sepatu kulit asli dengan harga sangat murah dan tidak wajar, maka patut anda dicurigai.
5.      Tingkat Kelenturannya
Hal paling dasar ketika mengecek kulit asli atau palsu adalah dengan cara melenturkan di setiap sisinya. Ciri-ciri kulit asli adalah kelenturan kulit yang maksimal. Tekukan kulit tersebut secara vertikal dan horizontal, sehingga membentuk tanda tambah. Setelah itu, perhatikan bekas lipatan kulit tersebut. Kulit sintetis akan membentuk kerutan baru seperti tanda tambah, sedangkan kulit asli akan kembali seperti semula.
6.      Daya Tahannya
Daya tahan sepatu kulit yang digunakan sehari-hari dengan segala kondisi cuaca apapun. Daya tahan kulit asli memiliki rentang waktu bertahun-tahun. Kulit asli memiliki daya tahan lama, karena memiliki serat-serat alami yang mampu mengurangi reaksi kulit dengan zat lainnya.
Sedangkan untuk kulit palsu, memiliki daya tahan tidak sampai satu tahun. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, terutama pengikisan zat pelapis kulit berbahan kimia lainnya. Zat pelapis tersebut berfungsi hanya untuk meredam reaksi yang terjadi antara zat lainnya dengan kulit sintetis tersebut, sehingga zat pelapis dapat mudah terkikis olehnya.
Selain itu, coba uji ketahanan kulit tersebut dengan membakar sedikit bagian dari kulit sepatu.
Karena membakar sebagian kulit sepatu walaupun hanya sedikit merupakan hal yang riskan, terutama jika kita lakukan langsung di depan penjual sepatu. Sepatu kulit asli membutuhkan waktu lebih lama dan susah dibakar, namun ketika sudah terbakar akan langsung berubah menjadi abu. Berbeda dengan sepatu kulit sintetis, ketika dibakar akan langsung meleleh seperti plastik.
7.      Datangi Tokonya
Perlu yang anda ketahui, jika membeli sepatu kulit di tokonya secara langsung akan terasa berbeda. Ini karena membeli secara langsung membuat kita tahu akan kualitas produk sepatu tersebut. Nah, toko sepatu kulit yang recommended dan terbukti akan kualitasnya yaitu SP Collection. Disini anda bisa membeli sepatu kulit langsung ditokonya atau kunjungi websitenya di sepatukulitasli.co.id atau bisa juga melalui online di marketplacenya.
 
 
Jika kalian sedang berencana untuk membeli sepatu kulit baru, silahkan kunjungi toko kami untuk sepatu kulit yang berkualitas.

Silahkan kunjungi toko kami Klik Disini

Dan untuk mempermudah belanja anda juga untuk membuat barang anda terkirim aman kami hadir di beberapa marketplace:

- SHOPEE: https://shopee.co.id/sp_collection
- BUKALAPAK: https://www.bukalapak.com/sepatupantofel4
- TOKOPEDIA: https://www.tokopedia.com/spcollection02 
 
Alamat toko:
Jl. Wedoro Belahan RT 1 RW 7 Wedoro - Waru - Sidoarjo - Jawa Timur
Telp: 031 8557474
CS: 082281827374

 

Related Posts:

0 Response to "7 Tips Untuk Kenali Sepatu Kulit Asli Anda"

Post a Comment