Sejarah Sepatu Safety

Sejarah Sepatu Safety - Sepatu Safety adalah salah satu alat pelindung diri (APD) yang wajib saat melakukan pekerjaan yang beresiko ditempat yang beresiko pula. Tujuannya untuk mencegah dan meminimalisir resiko terjadi kecelakaan kerja. Dalam kesempatan ini, kami akan membahas tentang awal mula tergagasnya dan perkembangan sepatu safety dari zaman ke zaman.


Sepatu Safety telah di buat dan dipakai sejak awal era 17. Belanda adalah negara pertama yang membuat Sepatu Safety. Sepatu itu berbentuk boot yang terbuat dari kayu, serta di kenal dengan nama Sabots. Sepatu itu dipakai untuk melindungi kaki para pekerja dari benda keras serta tajam yang bisa melukai kaki. Sabots belum di produksi dengan massal memakai mesin, dan hanya sebatas produksi kerajinan tangan.

Pada saat Revolusi Industri (1760 – 1840), beberapa pekerja umumnya melemparkan sepatu Sabots mereka ke roda mesin, yang mengakibatkan mesin macet atau rusak, serta produksi pabrik juga berhenti. Aksi melempar Sabots ke mesin ini menimbulkan arti ” Sabotage ” / ” Sabotase ” yang di kenal hari ini.

Walau telah di kenal cukup lama, Sepatu Safety baru di produksi massal pertama kalinya pada th. 1930. Red Wing Shoes Company (Amerika Serikat) yaitu perusahaan pertama yang memproduksi Sepatu Safety dengan cara massal pada th. 1930. Sepatu itu di buat untuk melindungi kaki – terutama jari kaki – beberapa pekerja di bidang industri, dimana saat itu kecelakaan kerja paling besar terjadi pada jari kaki pekerja yang terhimpit benda berat (besi, baja, beton, dan sebagainya). Itulah kenapa Sepatu Safety di buat dengan memakai plat besi-baja yang membuat perlindungan jari kaki, dan disebut Steel-Toe Boot.

Setahun Kemudian Perusahaan Sepatu Marschtiefels, asal Jerman menghasilkan sepatu berbaris dengan pelindung besi di depannya. Sepatu itu dipakai oleh Hitler serta pasukannya di Perang Dunia II (1939 – 1945) hingga di kenal dengan sebutan Hitler Boots.

Diawal kehadirannya, Sepatu safety di buat dengan jenis boot (High-Cut) yang membuat perlindungan kaki serta tulang kering. Tetapi, dengan pertimbangan kenyamanan, bentuknya di buat jadi Mid-Cut serta Low-Cut.

Serta seiringan dengan perubahan fashion, Sepatu safety saat ini bermunculan dengan jenis yang lebih modis serta fashionable. Pemakai sepatu tak perlu bertukar-ganti sepatu, namun tetap dapat memakai Sepatu safety ditempat kerja, ataupun berjalan-jalan atau beraktivitas olahraga (jogging, gym, cycling, bahkan juga hiking).

SP Collection menawarkan sepatu kulit PDH/Pantofel, PDL/Boots, Safety, Tunggang, DLL

Kunjungi Website Resmi Kami Di 
















Kami siap melayani anda dengan senang hati dengan menawarkan produk - produks sepatu kulit asli yang berkualitas tinggi.
Kami memberikan GRATIS ONGKIR / SUBSIDI ONGKIR dengan berbelanja pada marketplace kami:
  1. SHOPEE: https://shopee.co.id/sp_collection 
  2. TOKOPEDIA: https://www.tokopedia.com/spcollection02 
  3. LAZADA: http://www.lazada.co.id/jaferi-shoes/ (Bisa COD/bayar di tempat langsung) 
  4. BUKALAPAK: https://www.bukalapak.com/sepatupantofel4
Untuk informasi seputar produk/pemesanan langsung ke CS kami bisa menghubungi via WA/SMS/Telp

0822 8182 7374
Atau Langsung Klik Tombol Whatsapp Di Bawah Ini


Alamat: SP COLLECTION
Perumahan Rewwin Jl. Cendrawasih II no.18 Kepuh Kiriman – Waru – Sidoarjo 61256

Related Posts:

0 Response to "Sejarah Sepatu Safety"

Post a Comment