Sejarah Batalyon 3 Mei

Sejarah Batalyon 3 Mei - Bersamaan dengan perginya Belanda, serdadu-serdadu KNIL Minahasa memberontak dengan gabungan laskar rakyat di Manado. Mereka berhasil membentuk sebuah batalyon yang akhirnya dikirim menumpas RMS di Ambon.

Suku Minahasa adalah yang cukup sering memberontak, di tahun 1927.  Pada tahun 1945, lebih banyak lagi serdadu-serdadu KNIL orang Indonesia yang membangkang. Isu kemerdekaan Indonesia semakin mendorong mereka untuk memberontak. Di hari Valentine 1946, sekelompok KNIL Minahasa juga beraksi di kota Manado.
Pemberontakan paling terkenal yang dilakukan serdadu KNIL Minahasa terhadap Belanda adalah Pemberontakan 3 Mei. Pemberontakan ini sukses karena kontrol Belanda di Tanah Minahasa semakin berkurang di tahun 1950. Setelah pengakuan kedaulatan 27 Desember 1949, banyak serdadu KNIL yang galau soal nasib mereka ke depan. Termasuk soal uang pensiun.
Banyaknya pendukung Republik Manado membuat kota tersebut tak terjadi pemberontakan yang mendukung negara federal seperti di Makassar atau pemberontakan negara baru macam RMS Soumokil di Ambon. Dini hari 3 Mei 1950, pasukan KNIL di tangsi-tangsi mulai dilucuti oleh LFP dengan bantuan KNIL simpatisan LFP.

Di hari pemberontakan itu, sebuah pasukan baru pun terbentuk dan belakangan menjadi bagian dari APRIS dengan nama Batalyon 3 Mei. Mengko, salah seorang sersan yang terlibat pemberontakan, sebagai komandan serta Lexy Anes sebagai wakil komandan. Seperti yang mereka rencanakan, orang-orang Belanda macam Neus dan van Leur adalah buruan yang harus didapatkan. Dua tiga hari setelah pemberontakan meletus, akhirnya mereka berunding dengan Mayor Neus pada 6 Mei 1950.

Kesuksesan pemberontakan ini seolah jadi pengobat dari pemberontakan serdadu KNIL Minahasa yang gagal pada hari Valentine 1946, saat bendera Merah-Putih-Biru mereka jadikan Merah-Putih. Batalyon ini pun segera mendapat tugas berat karena sejak 25 April 1950, Republik Maluku Selatan sedang mengganas di Ambon.

Untuk mendukung tugas Pasukan Batalyon, Polri, TNI, Satpol PP, Linmas dll, SP Collection menyediakan sepatu PDH, PDL, Safety , Tunggang POLRI bahan kulit asli dan bahan kulit sintetis dengan harga terjangkau kualitas mewah.

SP Collection menawarkan sepatu kulit PDH/Pantofel, PDL/Boots, Safety, Tunggang, Dll. Kunjungi web kami http://sepatukulitasli.co.id/

Kami siap memuaskan pelanggan dengan harga terjangkau dan kualitas tinggi.




Kami memberikan GRATIS ONGKIR / SUBSIDI ONGKIR dengan berbelanja pada marketplace kami:
– SHOPEE: https://shopee.co.id/sp_collection
– TOKOPEDIA: https://www.tokopedia.com/spcollection02
– LAZADA: http://www.lazada.co.id/jaferi-shoes/ (Bisa COD/bayar di tempat langsung)
– BUKALAPAK: https://www.bukalapak.com/sepatupantofel4
Untuk informasi seputar produk/pemesanan langsung ke CS kami bisa menghubungi via WA/SMS/Telp
0822 8182 7374
WA langsung klik >> bit.ly/2yn1U82
Alamat:
SP COLLECTION
Perumahan Rewwin Jl. Cendrawasih II no.18 Kepuh Kiriman – Waru – Sidoarjo 61256

Related Posts:

0 Response to "Sejarah Batalyon 3 Mei"

Post a Comment