Kenali Jenis Senapan Angin Yang Ada Di Indonesia

JENIS – JENIS SENAPAN ANGIN DI INDONESIA - Senapan angin merupakan senjata dengan prinsip pneumatic, yaitu menembakkan peluru dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan angin biasanya digunakan untuk berburu kelinci, babi hutan, dan tupai. Senapan angin juga biasa digunakan untuk olahraga. Ukuran peluru yang biasa dipakai senjata angin yaitu ukuran caliber 177 atau 4,5 mm dan 5,5 mm biasanya terbuat dari bahan timah. Meski biasa digunakan untuk berburu dan berolahraga, dan meski ukuran peluru yang digunakan pada senjata angin tidak terlalu besar namun dapat membunuh manusia jika prosedur pemakaiannya salah, atau memang disalahgunakan.

Senapan angin mempunyai berbagai macam jenis. Antara lain:
1.      Senapan Tipe Per / Gas
Senapan ini menghasilkan udara melalui pompa tangan. Pemompaan terdiri dari 3 macam. Pompa bawah, pompa atas, pompa patah laras. Penggunaan senapan ini dengan system single shoot atau setiap 5-10 kali pompa untuk 1 kali tembakan.
2.      Senapan Angin PCP
Pre-Charged Penumatic (PCP) adalah senapan angin yang bersumber dari udara yang sudah dimampatkan terlebih dahulu ke dalam tabung yang biasanya sudah terintegrasi dengan senjata agar bisa digunakan untuk beberapa kali tembakan. Udara yang dimaksudkan disini adalah gas yang kita hirup sehari-hari yang terdiri dari berbagai macam gas, bukan O2 murni.
Pompa senjata lain biasanya harus dipompa untuk sekali tembakan, namun PCP berbeda dari itu. PCP dipompa untuk beberapa kali tembakan. Karena ditujukan untuk beberapa kali tembakan, maka udara dikompresikan pada tekanan tinggi, umumnya antara 1000-3000 psi. Untuk mengisi udara bertekanan tinggi ke dalam tabung senjata angin bisa dilakukan dengan menggunakan Hand Pump khusus yang menghasilkan udara tekanan tinggi, bisa juga menggunakan compressor udara tekanan listrik atau BBM, bisa juga dengan tabung cadangan (Scuba Tak)
3.      Senapan Angin Piston Gas
Senjata angin jenis ini merupakan hasil pengembangan lanjutan dari piston pegas terdahulu. Senjata ini menggunakan pegas udara atau nitrogen menggantikan pegas sebelumnya yaitu pegas baja. Senjata ini bekerja dengan pegas udara yang telah dimampatkan dan disimpan dalam sebuah ruang khusus yang menyatu dengan piston dan akan lebih mampat jika dalam keadaan terkokang.
4.      Senjata Angin Multi Pump Pneumatic
Senjata angin ini memampatkan udara terlebih dahulu sebelum menarik picu. Jadi, udara yang telah dimampatkan disimpan dahulu didalam tabung.
5.      Senjata Angin Single Pump Pneumatic
Pada dasarnya, senjata ini sama dengan senjata angin multi pump pneumatic. Yang membedakan diantara keduanya adalah senjata ini hanya membutuhkan sekali pompa saja untuk sebuah tembakan. Tekanan yang dihasilkan senjata ini tidak terlalu besar karena berasal hanya dari sekali pompa. Namun tembakan yang dihasilkan oleh senjata ini cukup akurat dengan jarak 15-20 meter. Senapan ini cocok untuk dipakai plinking dan target shooting, tidak cocok dipakai untuk berburu.
Nah, itulah macam-macam jenis senapan angin, semoga artikel ini bermanfaat. Dan harus diingat bahwa penggunaan senapan ini harap dijauhkan dari jangkauan anak-anak.
Jika anda menyukai olahraga senapan, tentunya kostum pakaian anda haruslah yang mendukung dengan olahraga senapan yang anda minati. Memakai sepatu PDL atau PDL Safety penting sekali untuk kemanan dan kenyamanan anda. SP Collection menyediakan sepatu kulit asli PDL maupun Safety untuk melindungi kaki anda saat berolahraga senapan.
Silahkan kunjungi toko kami Klik Disini

Dan untuk mempermudah belanja anda juga untuk membuat barang anda terkirim aman kami hadir di beberapa marketplace:

- SHOPEE: https://shopee.co.id/sp_collection
- BUKALAPAK: https://www.bukalapak.com/sepatupantofel4
- TOKOPEDIA: https://www.tokopedia.com/spcollection02 
 
 
Alamat toko:
Jl. Wedoro Belahan RT 1 RW 7 Wedoro - Waru - Sidoarjo - Jawa Timur
Telp: 031 8557474
CS: 082281827374

Related Posts:

0 Response to "Kenali Jenis Senapan Angin Yang Ada Di Indonesia"

Post a Comment