Macam-Macam Bahan Outsole


MACAM-MACAM BAHAN OUTSOLE – Outsole adalah sol sepatu yang terletak diluar, berguna untuk melindungi kaki terutama telapak kaki dari benda-benda berhaya sehingga kaki terhindar dari bahaya benda asing maupun cuaca. Outsole dibuat dari bermacam-macam bahan tergantung dari sepatu dan kegunaannya. Berikut adalah macam-macam bahan outsole.

1.       Rubber Sole
Rubber sole atau yang biasa kita sebut sol karet ini biasanya terdapat pada sol sepatu safety atau sepatu PDL (Pakaian Dinas Lapangan). Sol dengan bahan karet ini tidak memiliki waktu kadaluwarsanya, sehingga akan tetap utuh jika dibiarkan dalam waktu yang sangat lama. Rubber sole ini mempunyai sifat yang kuat dan lentur. Selain itu, Rubber Sole ini juga bisa dijahit sampingnya, di lem, kemudian di press. Namun sol ini juga memiliki kekurangan, Rubber Sole lebih berat dan permukaannya lebih licin dibandingkan dengan sol bahan lain.






2.       PU (Polyrethine)
Sol PU adalah sol anti selip, mempunyai berat yang ringan dan juga tahan terhadap minyak (oil resistant). Jika dibandingkan dengan sol lainnya, sol PU ini mempunyai harga lebih mahal dan mempunyai tanggal kadaluwarsa. Sol PU ini bisa hancur menjadi serpihan-serpihan, seperti potongan-potongan roti jika dibiarkan dalam waktu yang sangat lama.






3.       TPR (Thermo Plastic Rubber)
Sol TPR adalah sol campuran bahan plastik dan karet. Kelebihan dari sol berbahan campuran plastik dan karet ini adalah beratnya yang ringan, keset dan tidak licin dipakai ditempat yang ada airnya. Namun sol ini memiliki kekurangan juga, yaitu sifatnya yang kurang lentur dan tidak elastis. Dengan sifatnya yang tidak elastis, ringan, dan tidak licin maka sol ini cocok untuk sepatu yang tahan air.






4.       PVC (PolyVinyl Chloride)
Sol PVC dibuat dari bahan campuran plastik dan karet, sama seperti sol TPR. Yang membedakan adalah sol PVC ini terbuat dari lebih banyak plastic dan sedikit karet.
5.       Sponge Outsole
Sol ini biasanya digunakan pada sandal santai berbahan sponge.






Jika kalian sedang berencana untuk membeli sepatu kulit baru, silahkan kunjungi toko kami untuk sepatu kulit yang berkualitas.


Silahkan kunjungi toko kami Klik Disini

Dan untuk mempermudah belanja anda juga untuk membuat barang anda terkirim aman kami hadir di beberapa marketplace:

- SHOPEE: https://shopee.co.id/sp_collection
- BUKALAPAK: https://www.bukalapak.com/sepatupantofel4
- TOKOPEDIA: https://www.tokopedia.com/spcollection02 
 
Alamat toko:
Jl. Wedoro Belahan RT 1 RW 7 Wedoro - Waru - Sidoarjo - Jawa Timur
Telp: 031 8557474
CS: 082281827374

Related Posts:

0 Response to "Macam-Macam Bahan Outsole"

Post a Comment