PERBEDAAN KULIT ASLI DAN KULIT SINTETIS


PERBEDAAN KULIT ASLI DAN KULIT SINTETIS - Produk dengan bahan kulit merupakan produk terbaik. Apalagi jika produk dengan bahan kulit tersebut dibuat dengan system handmade/homemade. Maka barang yang akan dihasilkan akan sangat bagus, mewah, elegant, awet, dan tahan lama. Karena harga produk berbahan kulit tergolong mahal, jadi membeli produk handmade kulit biasanya adalah sebuah investasi jangka panjang. Biasanya hal yang sering kita temukan penjual barang-barang berbahan kulit di pasaran adalah mereka mengatakan barangnya berbahan kulit asli namun kenyataannya adalah barang tersebut terbuat dari bahan kulit sintetis. Mereka sering mengelabui orang-orang awam yang belum mengerti perbedaan kulit asli dan kulit sintetis. Agar kita tidak dibohongi oleh penjual yang mengaku-ngaku kulit sintetis sebagai kulit asli, yuk kita simak perbedaan dibawah ini.

1.       Lihatlah bahan kulitnya dari dekat, biasanya bahan kulit asli dan kulit sintetis sudah bisa dibedakan dengan kasat mata. Kulit asli punya tekstur yang tidak seragam dan konsisten, karena kulit asli memang diambil dari kulit binatang. Sebaliknya, tekstur pada kulit sintetis seragam di semua permukaannya.
Selain tekstur, perbedaan juga berada pada pori-pori. Bahan kulit asli memiliki pori-pori dikarenakan pori-pori itu tadinya tempat tumbuhnya bulu atau rambut binatang tersebut yang kemudian kulitnya diubah menjadi bahan untuk sebuah produk. Sedangkan bahan kulit sintetis tidak memiliki pori-pori sama sekali.
Lalu, periksa juga bagian belakang dan pinggir bahan kulitnya. Karena berasal dari kulit binatang, bagian belakang dari kulit asli akan sedikit berambut, mirip dengan bahan suede, dan bagian pinggirnya akan terasa sedikit kasar. Sebaliknya, kulit sintetis bagian belakangnya biasanya terdiri dari kain atau plastik.




2.       Sentuh kulitnya. Ketika disentuh, kulit sintetis punya sensasi halus artifisial atau buatan. Sedangkan kulit asli punya sensasi antara halus dan kasar ketika disentuh. Sensasi halus saat menyentuh kulit asli dan kulit sintetis berbeda. Kulit sintetis cenderung lebih licin karena tampilannya yang lebih kilap daripada kulit asli.
Lalu cobalah angkat kedua produknya. Produk dengan bahan kulit asli akan terasa lebih berat dibanding produk dengan bahan kulit sintetis.

3.       Ciumlah bau kulitnya. Bau dari kulit asli pasti berbeda dengan kulit sintetis. Kulit asli memiliki bau alami kulit. Meskipun dipelihara atau disamak dengan bahan lain seperti chrom, bau kulit alami dari kulit asli tetap ada. Sebaliknya, karena dibuat dari plastik dan bahan-bahan sintetis lainnya, kulit sintetis mengeluarkan bau-bau dari bahan kimia seperti plastik dan lem.

4.       Bakar kulitnya. Cara terakhir ini adalah cara yang sebisa mungkin harus dihindari. Namun, jika cara-cara diatas belum bisa membantu anda dalam mebedakan keduanya, cara ini memang yang paling bisa membantu untuk bedakan keduanya. Saat dibakar, kulit asli akan bertahan lebih lama dibandingkan kulit sintetis. Kulit asli akan menghitam atau gosong dan mengeluarkan bau tidak sedap seperti bau kulit terbakar. Sedangkan kulit sintetis akan cepat meleleh dan mengeluarkan bau seperti plastic terbakar. Hasil akhir dari pembakaran kulit asli adalah menjadi abu, sedangkan hasil pembakaran kulit sintetis akan menjadi gumpalan hitam seperti plastic habis terbakar.




Nah, itulah trik-trik sederhana hingga trik ekstrim untuk membedakan bahan kulit asli dengan bahan kulit sintetis.

Jika saat ini anda sedang mencari toko sepatu kulit asli yang terpercaya dan terjamin kualitasnya silahkan mampir ke SP Collection. SP Collection menyediakan sepatu PDH, PDL, Tunggang, Safety, Provost, dll.

Silahkan kunjungi toko kami Klik Disini

Dan untuk mempermudah belanja anda juga untuk membuat barang anda terkirim aman kami hadir di beberapa marketplace:

- SHOPEE: https://shopee.co.id/sp_collection
- BUKALAPAK: https://www.bukalapak.com/sepatupantofel4
- TOKOPEDIA: https://www.tokopedia.com/spcollection02 
 
Alamat toko:
Jl. Wedoro Belahan RT 1 RW 7 Wedoro - Waru - Sidoarjo - Jawa Timur
Telp: 031 8557474
CS: 082281827374

Related Posts:

0 Response to "PERBEDAAN KULIT ASLI DAN KULIT SINTETIS"

Post a Comment