Sejarah Terbentuknya Nama TNI


Sejarah Terbentuknya Nama TNI - TNI atau Tentara Nasional Indonesia merupakan sebuah kesatuan prajurit yang tergabung dalam angkatan perang yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia. TNI adalah buah dari perlawanan rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan, dari ancaman penjajahan yang akan dilakukan kembali oleh Belanda.

Sebelum menjadi TNI, nama angkatan bersenjata Indonesia sempat beberapa kali berganti nama. Pertama, pemerintah pada awalnya membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR) sebagai pertahanan awal pasca-proklamasi kemerdekaan.



Dua anggota PPKI, Abikoesno Tjokrosoejoso dan Otto Iskandardinata, diyakini sebagai pihak yang mengusulkan dibentuknya organisasi tersebut dalam sidang PPKI.

Pada 23 Agustus 1945, BKR dibentuk dan beranggotakan para pemuda Indonesia yang sebelumnya mendapat pendidikan militer sebagai tentara Pembela Tanah Air (PETA), HEIHO, KNIL, dan organisasi tentara lainnya.

Tak berselang lama, melalui Maklumat Pemerintah, BKR berubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada 5 Oktober 1945. Perubahan kembali terjadi tatkala nama Tentara Keamanan Rakyat dirubah menjadi Tentara Keselamatan Rakyat, mulai 8 Januari 1946.

Untuk memperbaiki susunan organisasi yang sesuai dasar militer internasional, pada 26 Januari 1946, Tentara Keselamatan Rakyat berubah nama menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).

Usai kemerdekaan, Indonesia terus berupaya mengembangkan tentara bersenjatanya untuk mempertahankan kemerdekaan, akibat banyaknya upaya dari sekutu untuk kembali menjajah. Untuk mendukung langkah itu, Presiden Sukarno kemudian mendirikan Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada 3 Juni 1947.

TNI pada masa itu merupakan gabungan dari dua kekuatan bersenjata, yakni TRI sebagai tentara reguler, dengan organisasi perjuangan rakyat lainnya.


Untuk mendukung tugas TNI masa kini, SP Collection menyediakan sepatu PDH, PDL, Safety TNI bahan kulit asli dan bahan kulit sintetis dengan harga terjangkau kualitas mewah.



SP Collection menawarkan sepatu kulit PDH/Pantofel, PDL/Boots, Safety, Tunggang, Dll.

Kami siap memuaskan pelanggan dengan harga terjangkau dan kualitas tinggi.

Kami memberikan GRATIS ONGKIR / SUBSIDI ONGKIR dengan berbelanja pada marketplace kami:
– SHOPEE: https://shopee.co.id/sp_collection
– TOKOPEDIA: https://www.tokopedia.com/spcollection02
– LAZADA: http://www.lazada.co.id/jaferi-shoes/ (Bisa COD/bayar di tempat langsung)
– BUKALAPAK: https://www.bukalapak.com/sepatupantofel4

Untuk informasi seputar produk/pemesanan langsung ke CS kami bisa menghubungi via WA/SMS/Telp
0822 8182 7374
WA langsung klik >> bit.ly/2yn1U82

Alamat:
SP COLLECTION
Perumahan Rewwin Jl. Cenderawasih II no.18 Wedoro – Waru – Sidoarjo 16256


Related Posts:

0 Response to "Sejarah Terbentuknya Nama TNI"

Post a Comment